Jumat, 21 Desember 2012

Tips Merawat Komputer Windows 7


Buat sobat pengguna windows 7 mungkin merasa kenapa semakin lama windows 7 terlihat lambat, bahkan ketika kita memulai menghidupkan komputer saja waktu bootingnya kadang-kadang lama. Sebenarnya apa sih yang membuat windows 7 terkadang sangat lambat. Sebenarnya logikanya simpel , karena setiap barang baik itu perangkat keras maupun perangkat lunak, memerlukan perawatan, tidak ada barang yang bisa bertahan lama kalau tidak kita rawat, nah kali ini saya berbagi bagaimana caranya supaya windows 7 sobat selalu stabil dan tidak lambat atau lemot lagi.


1. Hapus Program / Aplikasi Yang Tidak pernah Dipakai.
Kenapa hal ini semakin penting dianjurkan ?yup sobat benar,berhubung karena sekarang ini banyak sekali software2 yang gratis membuat sobat tergoda untuk mencoba-coba dan install di komputer sobat, tapi saya sarankan jangan terlalu sering intall software2 gratisan yang belum tentu memang sobat pakai, apalagi hanya coba2, kalaupun sobat mau mencoba usahakan scan terlebih dahulu dengan antivirus, karena tidak sedikit juga software gratisan ini mengandung virus. Kalau pun sobat sudah terlanjur banyak aplikasi di komputer sobat, mulai sekarang pilihlah program yang benar benar sobat sering pakai dan uninstall-lah program yang tidak berguna atau tidak pernah sobat pakai, dan lihatlah perbedaannya.



2. Batasi program yang berjalan di Start Up.
Hal ini juga berkaitan dengan hobbi sobat yang suka isntall program gratisan tadi , karena banyak sekali program yang memiliki fitur start up program atau Program yang secara otomatis berjalan ketika komputer sobat nyalakan, inilah yang membuat windows 7 sobat ketika booting atau ketika koputer sobat hidupkan membutuhkan waktu yana lama karena pada saat itu komputer sobat harus menjalankan beberapa program start up yang memang program ini berjalan di backgroud yang artinya program ini berjalan tanpa interface. Maka untuk itu matikalah sebagian program start up, pilihlah start up yang benar benar sobat perlukan.



3. Defragment hard disk.
Fragmentasi didalam hard disk membuat transfer data di komputer sobat menjadi lama, ushakanlah selalu memeriksa hard disk sobat secara berkala dan pastikan tidak ada fragmentasi, dan jika ada perbaikilah dengan Disk Defragmenter alat ini sudah disediakan oleh windows sobat.



4. Bersihkan hard disk.
Bersihkan hard disk yang dimaksud disini bukan berarti sobat memberishkan dengan lap atau apalah, yang dimaksud disini adalah membersihkan hard disk dengan menghapus semua file yang tidak diperlukan, file sementara atau temporary, mengahpus secara permanen recycle bin, gunakan Disk Clean Up.



5. Restart komputer secara berkala.
Restart lah komputer sobat secara berkala paling tidak 1 kali seminggu, apalagi komputer sobat didalam 1 minggu itu komuter sobat memang bekerja keras. Restart kmoputer ini sangat berguna sekali karena dengan restart , secara otomatis memory akan dibersihakan dari segala program, selain itu dengan restart start up program akan secara otomatis tertutup semua.



6. Periksa Keberadaan Virus.
Hal yang paling penting adalah pastikan jika komputer sobat tidak terjangkit oleh virus, atau pun spyware. karena jika komputer sobat sudah terjangkit oleh virus otomatis kinerja computer sobat akan berkurang, installah aplikasi antivirus baik yang gratis maupun yang berbayar.