Rabu, 01 Mei 2013

Pitong Ijabing Penganten


Dalam penulisan ini saya akan belajar menghitung hari yang sering di gunakan oleh budaya jawa dalam akad nikah atau ijapan pengantin. Sebelum ini saya juga sudah menulis tentang Ngadi Dino Jowo, itu adalah hitungan hari yang di gunakan untuk mencari rizki yang halal bahkan yang haram juga. Tapi yang haram kalau bisa jangan yach, contohya untuk main judi dan lain-lain. 

Mau melakukan pernikahan atau akad nikah di adat jawa banyak yang harus di perhitungkan, kata nya suatu saat nanti kalau memang rizki untuk kita tidak akan hilang begitu saja dengan yang lain, dan banyak juga yang bicara kalau asal-asalan hari bakal tidak baik keluarganya,. Itu mitosnya kawan, jangan kwatir kalau sama saya.

Ini hanya berbagi sedikit pengalaman tentang ilmu jawa, pada hal saya sendiri bukan jawa asli karena ayah dari ibu saya itu orang Sumatra asli, jadi masih ada lah dikit-dikit anak Sumatra. Hanya saja saya cenderung di jawa nya daripada di dusunnya kalau kata orang sini.

Hitungan Ijabing Penganten :

Tanggal,Pasaran
06:00, 8:23
08:25, 10:11
10:18, 01:11
01:12,   03: 35
03:36, 05:59
1,6,11,16,21,26
2,7,12,17,22,27
3,8,13,18,23,28
4,9,14,19,24,29
5,10,15,20,25,30
Ahmad
Jabroil
Ibrahim
Yusuf
Ngijroil
Jabroil
Ibrahim
Yusuf
Ngijroil
Ahmad
Ibrahim
Yusuf
Ngijroil
Ahmad
Jabroil
Yusuf
Ngijroil
Ahmad
Jabroil
Ibrohim
Ngijroil
Ahmad
Jabroil
Ibrahim
Yusuf
Legi
Pahing
Pon
Wage
Kliwon
Pitutor
Rezeki
Slamet
Pangkalan
Pacekwesi
Rezeki
Slamet
Pangkalan
Pacekwesi
Pitutor
Slamet
Pangkalan
Pacekwesi
Pitutor
Rezeki
Pangkalan
Pacekwesi
Pitutor
Rezeki
Slamet
Pacekwesi
Pitutor
Rezeki
Slamet
Pangkalan

Cara Membaca Hitungan ini adalah sebagai berikut,. :

Pilih tanggal yang mau di gunakan untuk akad nikah,

Lalu lihat yang sebelah kanannya dan sesuai jamnya, tapi jangan salah itu tanggal Hijriah bukan Masehi Kawan dan juga bukan bulan Muharam atu suro. Memang paling tidak boleh kalau dalam adat jaya melakukan pernikahan di bulan muharam.

Pilih pasaran pas tanggal itu hari apa, contoh Kliwon atau Legi

Contoh pilih tanggal 16 rabihul awal, itu berarti ambil jamnya pada 10:18 misalnya, dan Wage untuk Pasarannya, dalam contoh ini berarti TANGGAL IBRAHIM DAN PASARAN PITUTOR, yang artinya Pasaran pitutor bearti harus masih berusaha minta petutor atau nasehat dengan orang yang lebih ngerti dalam berkeluarga, sedangkan Tanggal Ibrahim itu artinya masih ada kemungkinan ora ketemu atau tidak jadi keluarganya. 

Untuk keterangan Tanggal ahmad itu artinya ketemu, Ngijroil (Ora Ketemu), Yusuf (Iso Tapi Kangelan), dan Jabroil (Ora Ketemu), sedangkan untuk pasaran Rizki berarti Rizkinya yang baik, Slamet Bearti Keselametan yang bagus, dan Pacek wesi berarti harus tabah-tabah saja dalam menghadapi layaknya seperti besi yang kuat terhadap apa saja.

Semoga Bisa Bermanfaat Kawan, dan kita tetap dalam lindungan alloh SWT, ini semua hanya MITOS yang harus di percayai bener, kita harus tetap yakin kalau kita masih punya sang halik yaitu alloh tempat kita meminta,….. amin ya robbb…..