Selasa, 26 Februari 2013

Indahnya Surga & Dahsyatnya Neraka

Indahnya Surga

Sinopsis Wahai manusia, tidakkah kalian menginginkan keindahan surga yang disediakan Allah kepada hamba-hamba-Nya yang shaleh? Yang belum pernah terlihat oleh mata ,terdengar oleh telinga dan terdetik oleh hati? Daptkah kita bayangkan,tempat tinggal penghuni surga yang dibangun Allah dengan tangan-Nya sendiri ,berbentuk istana.yang bahan bangunanya adalah batu bata emas dan perak sebening kaca,buah-buahanya lebih lembut dari keju,lebih manis dari madu sungai-sungai mengalirkan susu ,madu.arak-arak yang tak memabukkan ,air jernih yang tidak berubah rasanya, keelokan wajah penghuninya bagai bulan malam purnama.Kecantikan pidadarinya takterbayangkan jelitanya,mulusny,putihnya,kemontokan payudaranya,dipingit di dalam kemah ,belum pernah tersentuh oleh jin dan manusia yang selalu tersenyum dan selalu mengucapkan kalimat yang menyenangkan suami mereka ,kendaraanya unta dan kuda bersayap yang terbuat dari mutiara, begitu pula tanah dan debunya,makanan dan minumanya adalah hidangan istimewa yang tak terbayangkan kelezatanya , kasur dan permadaninya adalah kasur tebal dan sutra halus, gelas dan piringnya terbuat dari emas,dan perak,…..ah sungguh sebuah janji yang tak teringkari oleh yang Maha Rahman .Apalagi jika Allah menyingkap tirai-Nya , dan terlihatlah wajah-Nya yang Mulia sebagai nikmat teragung bagi hamba-hamba-Nya yang beriman.

BANGUNAN SURGA 

Bangunanya terbuat dari batu bata dari emas dan perak,adukanya beraroma kesturi yang sangat harum,kerikilnya terbuat dari mutiara lu’lu dan yaquth dan tanahnya terbuat dari za’faran ,seperti tepung putih yang beraroma kesturi.Diantara bangunanya adalah kubah kubah indah yang terbuat dari mutiara .Rosullullah menjanjikan,barang siapa yang shalat sunah 12 raka’at sehari semalam, maka Allah akan membangunkan sebuah rumah di surga 

PINTU PINTUNYA 

Di dalam surga terdapat delapan pintu,diantaranya adalah pintu Ar Royyan yang diperuntukkan untuk orang-orang yang shaum.Seorang wanita yang rajin shalat lima waktu dan shaum lalu meninggal dan suaminya ridha. Maka ia akan dipersilahkan masuk surga dari pintu manapun yang ia sukai .Pintu-pintu surga senantiasa terbuka ,orang yang shalat akan masuk pintu shalat,yang berjihat akan dipanggil dari pintu jihat,dan yang bershadaqah akan masuk dari pintu shadaqah (HR Bukhari Muslim) Luas dan lebar pintu surga seperti jarak pengendara tercepat selama tiga hari-jarak antara pintu dengan yang lainya seperti antara Mekah dengan Bushra. (Multafaq alaihi) 

DERAJAT DI SURGA 

Rosulullah Saw.Bersabda. “Sesungguhnya di surga terdapat 100 tingkatan yang disediakan Allah bagi yang berjihat di jala-Nya. Jarak antara satu tingkatan dan tingkatan yang lain seperti jarak antara langit dan bumi .maka jika kalian minta kepada Allah ,mintalah surga firdaus.” (HR.Bukhari). Tempat tertinggi di surga adalah alwasilah yang terletak di surga tertinggi . ia hanya di huni oleh seseorang .Yaitu Rosulullah Saw. 

MAKANAN DAN MINUMAN DI SURGA 

Penduduk surga akan dihidangkan makanan dan minuman lezat yang sangat mengundang selera ,apapun yang mereka inginkan pasti mereka dapatkan . Rasulullah Saw.bersabda “ Penghuni surga akan makan dan minum yang enak enak . Mereka tidak akan mengeluarkan ingus, dari hidungnya,tidak buang air besar dan tidak buang air kecil. Makanan mereka berubah menjadi serdawa yang beraroma kesturi.” (HR.Muslim) .Hidangan bagi mereka yang pertama kali adalah daging hati ikan paus ,kemudian disembelihkan baginya sapi yang makanan sehari-harinya rumput surga (HR.Muslim). Adapun tempat makan dan minum mereka adalah gelas dan piring yang terbuat dari emas dan perak, Allah berfirman, “Dan diedarkan kepada mereka benjana benjana dari perak dan piala piala bening laksana kaca.yaitu kaca-kaca yang terbuat dari perak yang telah diukur mereka denan sebaik baiknya” .(QS. Al Insan:15-16). 

POHON , TAMAN DAN NAUNGAN DI SURGA 

Di dalamnya terdapat pohon yang apa bila seorang pengembara itu berjalan di bawah naunganya, selama 100 tahun ia belum keluar dari naunganya, pohhon-pohonya kekal dan buahnya dekat lagi rendah menjuntai,sehingga mudah di ambil,seluruh pohonn di surga batangnya terbuat dari emas ( Shahihuf Jami’ 5523) Ibnu Abas berkata,”Diantara penghuni surga ada yang rindu kangen dengan hiburan di dunia.Lalu Allah mengutus angin dan menggerak-gerakkan pohon tersebut, kemudian pohon tersebut,memberikan semua hiburan yang ada di dunia” 

ANGIN DAN BAU SURGA 

Bau aroma surga bias dicium dari jarak 100 tahun, Ibnu Qayyim berkata: Aroma surga itu ada dua macam: pertama.aroma yang bias ditemui di surga yang dicium oleh para arwah dan tidak bias dicium oleh yang lainya.Kedua aroma yang bias diketahui denga panca indra seperti halnya aroma bunga dan lain sebagainya.Aroma kedua bias dijangkau seluruh penghuni surga di ahirat kelak,baik dari tempat yang jauh atau tempat yang dekat.Adapun aroma surge di dunia, maka ia hanya bias dicium Anadhr bin Nadhr saat berjihad sebelum ia syahid bias dikategorikan pada aroma jenis ini. Wallahu a’lam. 

KEADAAN PARA PENGHUNI SURGA 

Para penghuni surga,mulus,tampan dan bercelak,mereka akan senantiasa muda dan pakaianya tidak pernah lusuh.Golongan pertama yang masuk surga ,kelihatan seperti bulan purnama .Mereka tidak pernah kencing,dan berak,mereka tidak beringus dan meludah .Rasulullah adalah yang pertama kali mengetuk pintu surga.(HR.Muslim) Diantara cirri-ciri penghuni surga adalah sebagaimana sabda nabi Saw. “ Maukah aku tunjukkan tentang penghuni surga” Ia adalah orang yang lemah dan merendahkan diri (Tawadu’) Jika ia bersumpah atas nama Allah pasti Allah akan memperkenankan sumpahnya(HR.Bukhori dan Muslim) yang terbanyak dari penghuni surga adalah umat dari Nabi Muhammad Saw.Rasulullah menyebutkan bahwa penghuni surga berjumlah 120 shaf,atau barisan Dan umat Muhammad berjumlah 80 shaf.dari 120 shaf tadi (2/3 penduduk surga). 

NAMA NAMA SURGA 

Surga memiliki nama nama yang disebutkan dalam Al-Qur’an dan sunnah. Diantaranya Jannatul Firdaus yang merupakan tertinggi derajatnya,ia terletak di bawah Arsy Arrahman.Kemudian Jannatul Na;im (yang penuh kenikmatan),Jannatu And,Darus Salam (negeri yang penuh keselamatan),Jannatul Ma;wad an Darul Khuldi. 

SUNGAI SUNGAI DI SURGA 

Sungai di surga adalah sesuatu yang pasti .ia terus mengalir dan tidak pernah berhenti,terletak dibawah ghuraf(mahligai),istana istana dan taman taman penghuni surga.Sungai sungai tersebut ialah sungai madu,sungi khamer,yang tidak memabukkan,sungai susu dan sungai air jernih yang tidak pernah berubah rasanya.Sungi sungai surga memancar dari bagian atas surga,kemudian mengalir turun ke bawah menuju kesemua tingkatan –tingkatan surga sebagai tersebut dalam hadis shahih”….Sesungguhnya tempat firdaus itulah tempat terbaik dan tertinggi derajatnya.Diatas Firdaus terdapat Arsy Allah,dan dari situ mengalir sungai sungai surga “(HR.Bukhari) 

Mata air surga ada yang bernama Salsabila,yang akan diberikan kepada orang-orang yang mendekatkan diri kepada Allah (Muqarrabin),sedang para abrar (orang yang berbuat baik) ,maka Allah member mereka air yang diberikan campuran kafur(air dingin yang raromanya wangi ) dan Zanzabil/jahe (air hangat yang juga beraroma segar) QS.Al Insan:5 dan 17) 

BIDADARI SURGA PESONA DAN KECANTIKANYA 

Bidadari surga adalah mahluk berkelamin wanita yang diciptakan Allah untuk penghuni surga.Al-Qur’an dan sunah menggambarkan tentang keindahan dan kesempurnaan penciptaan mereka. Digambarkan bahwa mereka adalah bidadari yang cantik jelita ,putih bersih dipingit didalam kemah ,senantiasa menundukkan pandangan.Allah menyebut mereka dengan khairatun hisan (Bidadari yang baik dan cantik ),mereka perawan,penuh cinta dan sebaya,Payudaranya montok dan kulitnya mulus .Dalam hadis Bukhari disebutkan ,kalau sekiranya salah seorang bidadari surga dating di dunia ,pasti ia menyinari langit dan bumi dan memenuhi antara langit dan bumi dengan aroma yang harum semerbak.sungguh tutup kepala salah seorang wanita surge lebih baik dari pada dunia dan isinya.” 

Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa bidadari tersebut diciptakan Allah dari Za’faran surge.Maka Ibnu Qasyim berkomentar,”Jika penciptaan manusia yang paling sempurna diciptakan dari bahan baku berupa tanah,kemudian berubah menjadi sosok yang paling bagus .Maka bagaimana sosok yang diciptakan dari za’faran yang ada di surga? 

HUBUNGAN INTIM DI SURGA 

Dalam menafsirkan Firman Allah yang berbunyi “Sesungguhnya penghuni surge itu bersenang senang dalam kesibukan” QS Yaa Siin :55). Ibnu Mas’ud,Ibnu Abbas,Al Auza’I dan Muqatil berkata “Kesibukan mereka adalah memecah keperawanan istri istrinya” Rasulullah Saw. Bersabda tentang hubungan jimak para penghuni surga,”Dia banyak menggauli wanita”(HR.Tirmidzi ,shahih).Abu umamah berkata,Rosulullah Saw. Pernah ditanya “Apakah penghuni surga melakukan hubungan suami istri? Beliau Saw.menjawab “Penis yang tidak pernah lemas,sahwat yang tidak pernah padam dan jimak demi jimak “Sa’id bin Zubair pernah berkata,”Sesungguhnya nafsusyahwat (penduduk surga) mengalir dalam tubuhnya selama 70 tahun.Selama waktu itu ia merasakan kenikmatan yang tiada taranya dan tidak terkena kewajiban mandi jinabat. Mereka tidak merasakan loyo atau kekuatanya menurun.Justru hubungan seksual mereka mencapai kenikmatan dan kepuasan.” Wallahu a’lam bish shawab. 

MAHLIGAI DAN ISTANA SURGA 

Mahligai dan istana surga terbuat dari emas dan mutiara terbaik yang disediakan bagi hamba hamba-Nya yang beriman Rosulullah Saw. Bersabda “Sesungguhny orang beriman disediakan di surga ,istana dari satu mutiara yang berongga. Panjangnya adalah 60 mil .Didalamnya terdapat pelayan pelayan” 

YANG PERTAMA KALI MASUK SURGA 

Yang pertama kali masuk surga adalah Rasulullah Saw. Dan Abu Bakar Ash Shiddiq .Kelompok pertama yang akan masuk surge tanpa hisab berjumlah 70.000 orang .Mereka saling bergandengan tangan hingga masuk surge semuanya.Wajah mereka seperti rembulan saat purnama .(HR.Bukhari Muslim).Dalam riwayat lain disebutkan bahwa mereka adalah orang yang tidak meruq’yah dan tidak minta diruq’yah ,tidak melakukan tathayyur dan hanya bertawakal kepada rabb mereka. 

Rasulullah Saw bersabda ,” Adapun yang tiga orang masuk surge adalah shahid,seorang hamba yang tidak disibukkan oleh dunia dan taat kepada Rabbnya dan orang kafir yang memiliki tanggungan namun ia menjaga diri dari meminta minta” (HR. Ahmad) 

Orang yang miskin akan masuk surge terlebih dahulu dari orang-orang kayak arena mereka tidak memiliki sesuatu untuk di hisab .selisih waktu antara keduanya adalah 40 tahun.(HR. Muslim). 

Ibnu Qayyim menyimpulkan bahwa tidak penduduk surge yang pertama kali masuk surga akan lebih tinggi kedudukanya dari yang terahir ,barangkali yang terahir mendapatkan derajat yang lebih agung,semisal orang kaya yang pandai bersukur dan bertaqorub kepada-nya dengan berbagai kebajikan dan sodaqoh,ia lebih tinggi dari orang fakir ,karena orang fakir tidak mampu berbuat sebagaimana yang diperbuat olehnya.(Hadiul Arwah,Ibnul Qayyim) 

Dahsyatnya Neraka 

SIAPAKAH PENDUDUK NERAKA? 

Dari Al-Quran dan sunnah yang shahih disimpulkan bahwa penduduk neraka adalah orang yang musrik ,kafir dan munafik,orang orang yang sombong dan pemimpin yang zalim ,para pezina,dan homo sexs,peminum khamer,pemakan riba,dan harta anak yatim tanpa alas an yang benar,pembunuh orang mukmin tanpa hak ,pelaku bunuh diri, orang yang meninggalkan shalat ,zakat dan shaum ,para dayyuts dan orang yang durhaka kepada orang tuanya.Wallahu a’lam 

LOKASI NERAKA 

Jika surga terletak di langit ketujuh maka sebagian salaf berkata bahwa neraka terletak didasar bumi ke tuju(Begitu pendapat Ibnu Mas’ud dan lainya)Namun para jumhur tawaqquf (berdiam diri)dalam masalah ini,dan inilah pendapat yang dipilih oleh As Suyuthi dan Waliyullah Ad dahlawi. 

LUAS JAHANAM 

Untuk mengetahui luas dan besarnya jahanam ,dapat dibayangkan seandainya jahanam itu memiliki 70.000 tali kekang.dan setiap tali kekang dipegang 70.000 malaikat (Sahihul Jami’ 7.878) juga dengan mengetahui besarnya tubuh para penghuninya,yang geramnya sebesar gunung uhud.Jarak antara kedua pundaknya sama dengan perjalanan 3 hari ,tempat duduknya sejauh Makkkah dan Madinah ,bahkan seandainya penduduk neraka menangis ,maka air matanya yang menetes dapat menjadikan perahu berlayar di atasnya. 

PINTU PINTU NERAKA 

Jahanam memiliki 7 pintu yang tiap tiap pintu sudah ditetapkan golongan yang akan memasukinya Allah berfirman”Dan sesungguhnya jahanam itu benar benar tempat yang telah diancamkan kepada mereka (pengikut-pengikut syaitan) semuanya jahanam itu memiliki 7 pintu tiap-tiap pintu (telah ditetapkan), untuk golongan yang tertentu dari mereka (QS. Al Hijr: 43-44) 

Ibnu Juraij berkata tentang ayat tersebut,”yang pertama adalah jahannam,kemudian neraka Ladza,neraka Huthamah,neraka Sya’ir,neraka Saqor,Jahim,dan Hawiyah”Pintu pintu neraka tertutup rapat. Sebagaimana Irman allah .”Sesungguhnya pintu itu ditutup rapat atas mereka”(QS.Al Humazah: 8)”Mereka berada didalam neraka yang ditutup rapat”(QS.Al Balad:20) 

Ibnu Rajab berkata “pintu pintu neraka akan selalu tertutup sebelum dimasuki penghuninya,nanti pada hari kiamat “ Hal ini sebagaimana yang disebutkan dalam Al-Qur’an “Orang prang kafir dibawa keneraka berombong-rombongan,sehingga apabila mereka sampai ke neraka itu dibukakanlah pintu pintunya”(QS.Azzumar: 71) 

BAHAN BAKAR NERAKA 

Allah berfirmsn,”Hai orang-orang beriman jaggalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu.(QS.At Tahrim:6) Ssebagian Mufassir mengatakan bahwa batu tersebut adalah batu korek atau belerang,ada yang mengatakan batu berhala yang dahulu disembah orang musrik,mereka menjadi bahan bakar neraka ,begitu pula para penyembahnya.(Lihat QS.Al Anbya’ 98.-99) 

PARA PENJAGA NERAKA 

Allah menggambarkan tentang karakter malaikat penjaga neraka ,mereka adalah mahluk yang sangat keras,dan kasar.Allah berfirman “Hai orang-orang yang beriman ,peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka,yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu,:penjaganya malaikat malaikat yang kasar ,yang keras,yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahka-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan .(QS.At Tahrim:6) 

MAKANAN DAN MINUMAN DI NERAKA 

A. Pohon Zaqqum,mayangnya seperti kepala setan ,tumbuh di dasar neraka Jahim ,setiap yang memakanya,maka ususnyaakan terburai.(QS. Ash Shaffat:62-68) 

B. Pohon Dhari”,yaitu pohon duri yang sangat keras ,tidaka dapat menggemukkan ,dan tidak menghilangkan lapar ,karena ia menyumbat tenggorokan ,tidak keluar dan tidak juga masuk ked lam perut ,demikian menurut Ibnu Abbas .(QS.Al Ghasiyah:6) 

C. Ghislin,yaitu nanah bercampur darah yang keluar dari tubuh penduduk neraka (QS.Al Haqqah:35-37) 

D. Al Hamim,yaitu air yang sangat panas yang akan disuguhkan dengan besi panas yang ujungnya dibengkokkan (QS. An Naba ‘:24-25) 

E. Al Ghassaq,air yang sangat dingin ,menurut Ibnu Umar ,ia adalah nanah kental yang jika setetesnya ditumpahkan di barat bumi ,niscaya penduduk timur mencium baunya yang sangat busuk. 

F. Ash Shadid (QS. Ibrahim:16)yaitu air nanah bercampur darah .Ibnu Rajab berkata ,air shaded akan membuat wajah mereka hangus 

PERMOHONAN PENDUDUK NERAKA KEPADA PENDUDUK SURGA 

Para penduduk neraka merasa iri dengan apa yang Allah berikan kepada penduduk surga berupa makanan dan minuman yang sangat nikmat, mereka merengek sekiranya diantara penduduk surge ada yang mau memberikan sedikit saja kepada mereka. Diantara penduduk surge ada yang merasa iba,hingga hamper hamper memberikanya ,namun Allah mengharamkan makanan dan minuman itu untuk penduduk neraka.(Lihat QS. Al A’af:44-50) 

JERITAN,RINTIHAN DAN LOLONGAN PENDUDUK NERAKA 

Diantara kengerian neraka:penduduknya merintih dan menjerit serta melolong seperti keledai yang meringkik keras yang demikian itu karena saking pedihnya ,siksa yang dirasakan (Lihat QS.Al Anbiya’ 100.Hud :106 dan Fahtir 37) 

Penduduk neraka akan menangis sampai air mata mereka habis ,sehingga yang keluar dari matanya adalah darah,ya darah bukan air lagi! 

Mereka merintih agar dapat dikeluarkan dari siksa neraka,mereka berjanji akan beramal shalih jika dikembalikan di dunia .Namun harapan mereka adalah harapan kosong.dan doa mereka adalah sia sia.malaikat berkata “Sesungguhnya kalian akan tetap berada di neraka ini (QS.Az Zukhruf: 77) 

KADAR HAWA DAN PANAS NERAKA 

jahanam (HR.Bukhari Muslim). Ibnu Rajab manukil pendapat A’ab kepada Umar bin Khatab,”seandainya neraka jahanam dibuka seukuran hidung lembu dibumi sebelah timur ,dan ada seseorang di belahan bumi sebelah barat ,pasti otaknya akan meleleh karena tidak mampu menahan panasnya”.Diantara penyebab hawa dan panas neraka sedemikian memuncak adalah tidak berfungsinya 3 unsur pendingin dari pansas bagi manusia ,yaitu air,angin dan naungan untuk berteduh,Air di Rasulullah Saw. Bersabda,:api kalian yang sekarang ini yang digunakan bani Adam untuk membakar hanyalah 1/70 dari api jahanam adalah hamim,(air panas yang menggelegak,anginya adadah samum (angin yang sangat panas) sedang naunganya adalah yahmum (naungan berupa potonga potongan asap hitam yang juga panas) .Lihat QS> Al Waqi’yah :41-44) 

ULAR DAN KALAJENGKING JAHANAM 

Dalam menjelaskan Firman Allah,”kami tambahkan kepada mereka siksaan diatas siksaan disebabkan mereka selalu berbuat kerusakan”, QS.Al Nahl :88), Ibnu Mas’ud berkata ,yaitu kalajengking kalajengking yang taringnya seperti pohon kurma yang panjang .Imam As Sudi mengatakan bahwa ,ia adalah ular ular di dalam neraka .riwayat tentang ular dank ala jengking di dalam neraka tidak ada yang marfu’ sampai ke Nabi Saw.kebanyakan mukuf pada sahabat dan sebagian israilliat. Wallahu a’lam. 

BERBAGAI SIKSAAN BAGI PENDUDUK NERAKA 

A. Seringan ringan siksa adalah seorang yang memakai terompah dari bara api ,sehingga otaknya mendidih (HR.Bukhari dan muslim) 

B. Kepala mereka akan di siram dengan air panas sehingga melelehlah otak mereka ,begitu ppula isi perut dan kulit mereka ( QS.Al Hajj:19-21) 

C. Wajah mereka akan diseret di atas bara api ,juga di bolak balik seperti daging bakar(QS.Al Ahzab:66) 

D. Wajahnya akan dihitamkan sererti tertutup kepingan malam yang gelap gulita (QS.Yunus: 27). 

E. Dikepung api dari segala penjuru (QS. Al Ankabut: 55 Az Zumar: 16). 

F. Api membakar penduduk neraka ,sehingga dari hati mereka keluar api. 

G. Isi perut mereka akan terburai (menimpa kepada amru bin Luhay,orang yang pertama kali merubah ajaran tauhid nabi Ibrahim menjadi penyembahan terhadap berhala) 

H. Terjun dari atas neraka ,yaitu bagi mereka yang bunuh diri yang menjatuhkan dirinya dari tempat yang tinggi. 

I. Tidak pernah mati selamanya.(QS.Ibrahim: 17). 

J. Siksaanya tidak pernah berhenti(QS. Al Mukmin: 49-50) 

SUMUR DAN JURANG NERAKA 

Kedalamanya sebagaimana yang digambarkan Rasulullah Saw. Dalam riwayat Muslim dari Abu Hurairah “Pada suatu hari kami bersama Nabi Saw. Lantas kami mendengar suara benda jatuh ,kemudian Rasulullah bersabda,”taukah kalian suara apa itu? Kami menjawab”Allah dan Rasulnya telah mengetahui” Nabi Saw.bersapda,”itu adalah suara batu yang dikirim dari neraka jahanam sejak 70 tahun yang lalu,dan sekarang baru sampai ke dasar neraka.” 

PEMANDANGAN LAIN DI JAHANAM 

A. Di Jahanam terdapat sebuah gunung api “Shu’uda” yang Allah memerintahkan orang kafir (Al Walid Bin Muhirah) untuk mendakinya(QS.AL Muddatstsir :17) menurut riwayat Imam Ahmad setiap kali ia meletakkan tanganya di atas gunung tersebut ,maka tanganya langsung meleleh .dan ketika diangkat ,kembali seperti semula.dia akan menghabiskan waktu selama 70 tahun untuk mendakinya,dan menuruninya selama itu juga. 

B. Di Jahannam juga terdapat lembah Al Ghayy,yaitu lembah di dasar Jahannam yang dialiri nanah bercampur darah dari para penghuni neraka.Lembah ini disediakan Allah kepada mereka yang meremehkan shalat dan mengikuti shahwatnya (Lihat QS. Maryam: 59). 

C. Juga lembah Atsam yang berisi ular dank alajengking ,adzab di dalamnya berlipat lipat ‘lembah ini diperuntukkan untuk mereka yang berbuat syirik ,berzina dan membunuh jiwa tanpa hak(Lihat QS.Al Furqon : 68) 

D. Ada juga lembah Maubiqa yang berisi nanah di dalam neraka jahannam ,Allah menyiapkanya untuk para penyembah berhala (Lihat QS. Al Kahfi: 51-52) 

E. Ada juga sebuah rumah bernama Al Falaq,Ibnu Rajab mengatakan ,jika pintunya dibuka maka seluruh penduduk neraka menjerit karena tidak akan mampu menahan panasnya.Wallahu a’lam 

F. Di jahannam juga terdapat penjara “Bulas”dimana orang orang yang menyombongkan diri ,akan digiring seperti semut-semut kecil berbentuk manusia ,mereka diselimuti dengan koban api,dan terbenam dalam keringat dan nanah yang bercampurdarah penduduk neraka(HR.Ahmad,Hasan) 

G. Belenggu jahannam,Di dalam jahanam ada tiga belenggu :Al Aqhlal,yaitu belenggu dari besi membara yang di pasang di leher penduduk neraka(QS.Saba:33).Al Ashfad,yaitu tali api yang sangat kuat sehingga membuat seseorang tak berdaya(QS.Ibrahim:32) 

H. Cambuk jahannam Allah Berfirman”dan untuk mereka cambuk-cambuk dari besi(QS.Al Hajj: 21) 

GAUNG KEGERAMAN SUARA NERAKA 

Orang orang kafir dapat mendengar raungan suara neraka yang penuh dengan kegeraman dari jarak yang jauh,Allah berfirman “Apabila neraka itu melihat mereka dari tempat yag jauh ,mereka mendengar kegeramanya dan suara nyalanya”(QS.Al Furqan:11)Juga firmanya “Apabila mereka dilemparkan kedalamnya mereka mendengar,suara neraka yang mengerikan ,sedang mereka itu menggelegak ,hamper hamper (neraka )itu terpecah lantaran marah”(QS.Al Mulk :7)Ka’ab pernah berkata kepada Umar Bin Khathab,”Demi Allah neraka jahannam akan mengeluarkan gaung suaranya.Tidak ada malaikat yang dekat kepada Allah atau mahluk yang lain kecuali akan terjatuh,diatas kedua lututnya sambil berkata”Ya Alla,pada hari ini hendaklah manusia mengurus dirinya sendiri sendiri” 

KONDISI PENGHUNI NERAKA 

A. Wajah mereka cacat dan terbakar (QS.Al Mukminun: 104) 

B. Setiap kulit mereka matang karena terbakar,maka Allah akan menggantinya dengan yang baru ,begitulah seterusnya(QS.An Nisa: 56) 

C. Wajah yang hangus menghitam ,karena kepala mereka akan disematkan mahkota api. 

D. Penduduk neraka akan mengeluarkan bau yang sangat busuk dari tubuh mereka. 

PAKAIAN DI NERAKA 

A. Pakaian dari Qathiran yang terbuat dari tembaga yang dilebur(QS.Ibrahim:49-50) 

B. Tikar dan selimut api (Mihad dan Ghawasy) (QS.Al A’